Bina Desa

Pertanian Alami

Institut Pertanian Alami

Institut Pertanian Alami (IPA) adalah sebuah platform kolaboratif yang menyediakan wadah bagi individu dan komunitas untuk belajar, berbagi informasi, serta mengembangkan pengetahuan tentang Pertanian Alami dan isu-isu terkait penghidupan manusia. IPA memusatkan perhatian pada praktik pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta berfungsi sebagai pusat pembelajaran, pertukaran ide, dan kolaborasi di bidang pertanian, peternakan, perikanan, isu agraria, dan dampak perubahan iklim.

IPA memberikan peluang bagi individu dan komunitas untuk belajar secara langsung dari pengalaman praktik Pertanian Alami, serta bertukar informasi dan solusi melalui Jaringan Pendidik Pertanian Alami (JAPPA). Kegiatan pelatihan, lokakarya, diskusi, dan program pertukaran pengetahuan menjadi bagian integral dari metode pendidikan di IPA. Pendekatan ini memungkinkan partisipan untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, membagikan pengetahuan, dan mengaplikasikan praktik-praktik berkelanjutan di lapangan dengan berkomitmen untuk memajukan hak-hak petani dan nelayan melalui advokasi dan pengembangan solusi dalam konteks pertanian dan penghidupan berkelanjutan.

Kegiatan Utama Sekolah Pedesaan

Penguatan Kapasitas

Pendidikan dalam Intitut Pertanian Alami berfokus pada pengembangan pengetahuan dan penguatan kapasitas kader Pertani Alami yang disiapkan menjadi Petani Pendidik Pertanian Alami hingga kedepan regenerasi petani dan pengetahuan berbasis kearifan lokal tetap terjadi dan lestari.

Jaringan Petani Pendidik Pertanian Alami

Kader yang telah mendapatkan pengembangan pengetahuan dan penguatan kapasitas kemudian akan memiliki kemampuan sebagai Fasilitator yang selanjutnya ikut menyebarluaskan praktik Pertanian Alami dalam wadah jejaring bernama JAPPPA (Jaringan Petani Pendidik Pertanian Alami)

Pembagian Peran

Petani Pendidik Pertanian Alami juga akan dilibatkan dalam kerja-kerja riset, advokasi, dan kampanye nasional terkait Pertanian Alami. Peran petani pendidik tidak hanya sebagai aktor perubahan, dari mereka lah pengetahuan kearifan lokal dipastikan diwariskan dari generasi ke generasi.

Latar Belakang

 
Institut Pertanian Alami (IPA) muncul sebagai respons dari upaya berkelanjutan Bina Desa dalam memperluas dan memperdalam pendidikan serta pendampingan Pertanian Alami di Indonesia.
 

Bina Desa telah secara konsisten memberikan pelatihan dari tingkat dasar hingga Pendidikan Pertanian Alami untuk Petani Pendidik di berbagai wilayah di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Hasil dari inisiatif ini telah menghasilkan komunitas petani yang menerapkan praktik Pertanian Alami.

Testimoni Pendidik Pertanian Alami

Aku bertani alami untuk kelangsungan hidup, menjaga kelestarian alam, mengembali kesuburan tanah, menghasilkan pangan sehat, melepaskan ketergantungan, dan memanfaatkan yang ada disekitar kita yang jelas irit biaya Lo.

Usrek

Sidomakmur, Lumajang

Pertanian Alami sangat memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan tanaman selain itu pertanian alami sangat mudah dan murah juga sehat sehingga dalam prosesnya aman bagi manusia, termasuk perempuan dan anak anak.

Irwan

SPPM, Polewali Mandar

Institut Pertanian Alami ini sangat membantu kami dalam melakukan budidaya tanaman dengan menjaga keseimbangan Alam sehingga bertaninya bisa berkelanjutan.

Wardiyono

Sanggar Kebangsaan, Klaten

Scroll to Top